Metode Untuk Mengembangkan Usaha Jasa Arsitek

Uncategorized

Metode untuk Mengembangkan Usaha Jasa Arsitek. Saat seorang arsitek ingin memulai membuka usaha biro jasa. Ada berbagai cara atau metode yang bisa dilakukan untuk memulainya. Setidaknya, mengacu pada buku Architect’s Essentials of Starting, Assessing and Transitioning a Design Firm karya Peter Piven and Bradford Perkins ada sepuluh metode yang bisa ditempuh. Tujuh di antara ke sepuluh metode tersebut adalah ….

Major Client as First-Stage Booster Rocker

Di kasus ini, sebuah biro jasa arsitektur yang masih baru mendapatkan klien bonafit atau besar seperti korporat. Bisa juga orang tersohor yang bisa mengangkat nama biro Anda, sehingga bisa dikenal lebih luas. Untuk memulai cara ini, arsitek harus mendapatkan konsumen yang rela mengambil risiko dan memberikan kebebasan kepada arsitek untuk menentukan desain terbaik yang tentunya cocok dan tepat untuk proyeknya. Hal ini juga bisa terjadi saat seorang biro arsitek baru memenangkan kompetisi atau tender besar untuk sebuah mega proyek.

House of Mother

Cara paling umum yang dilakukan oleh biro jasa arsitek baru dirintis adalah menggarap proyek milik keluarga atau rumah pribadi. Meskipun bayarannya bisa sangat minim atau harus bekerja secara ‘ikhlas’ tetapi pengaruhnya cukup besar.

Academic Incubator

Bekerja sebagai pengajar di bidang arsitektur sesuai keahlian Anda bisa menjadi penghasilan sekaligus waktu untuk Anda membangun kredibilitas serta reputasi. Dosen yang ahli tentu akan lebih dipercaya untuk mengerjakan proyek sampingan. Setelah dipercaya menangani cukup banyak proyek, Anda bisa berfokus penuh di jasa ini.

Better Mousetrap (Finding a Need and Filling It)

Untuk membangun sebuah biro jasa arsitek tidaklah mudah, Anda bisa memulainya dari mengerjakan proyek-proyek yang belum ramai dikerjakan oleh biro jasa lainnya. Dengan menggunakan cara ini, arsitek akan mendapatkan proyek dengan tantangan tersendiri atau khusus. Arsitek juga harus berjuang mengatasi tantangan tersebut.

Super Sales Person

Siapa yang pandai berjualan atau marketing? Kemampuan ini juga bisa dimanfaatkan, terkhusus dalam menawarkan, meyakinkan kustomer dan membangun komunikasi yang baik merupakan bakat yang sangat apik untuk dimiliki seorang arsitek. Kemampuan ini sangatlah membantu biro yang baru dirintis agar makin dikenal banyak orang.

Sponsor

Beberapa jasa arsitek bisa mendapat exposure dari biro atau arsitek yang lebih senior. Caranya dengan membangun networking dengan para arsitek senior. Apabila mereka tertarik dengan karya atau desain Anda, di sana ada celah untuk join atau bahkan nama Anda direkomendasikan ke klien.

Golden Handshake

Anda mengundurkan dari firma arsitek yang menaungi Anda untuk membuka firma sendiri? Tak ada salahnya kok. Hanya saja, tetap jalin hubungan yang baik dengan bos Anda sebelumnya. Siapa tahu proyek pertama Anda datang dari mantan atasan Anda?

Selain ketujuh metode di atas, tiga metode terakhir yang bisa dilakukan biro jasa arsitek baru yaitu Spin Off, The Phoenix atau Rebuild of an Existing Firm, dan Starting Small. Tinggal pilih saja metode mana yang sesuai dengan karakter Anda.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*